Sabtu, 24 Agustus 2013

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda di Word

Menyebalkan saat kita lagi asik-asik nulis ada saja yang bikin lama. Salah satu penyebabnya bingung kasih halaman yang beda. Di halaman depan biasanya tidak selalu dimulai dengan nomor 1. Ada angka romawi misalnya. Nah di sini saya akan bagi-bagi tips soal pencatuman nomor halaman. Okeh? Sip capcus!

Pertama, buka wordnya yang pasti. Kalau sudah dibuat naskahnya yang terbagi beberapa halaman, kita bisa langsung kasih nomor. Jika ingin buat nomor romawi di beberapa halaman awal, maka klik tab Insert_Page Number lalu pilih letaknya sesuai dengan yang kita inginkan.


Maka hal akan muncul sesuai dengan yang kita inginkan. Jika kita ingin merubah nya menjadi angka romawi, maka tinggal rubah formatnya dengan cara :  
Insert _ Page Number _ Format Page Numbers


Untuk menambahkan nomor pada hal ketiga dan seterusnya dengan menggunakan angka biasa adalah dengan cara meletakkan kursor pada hal tersebut, kemudian klik Page Layout _ Breaks_ Next Page

  

Di halaman ketiga, klik ganda pada page number/footer. Klik tab Header dan Footer yang muncul, kemudian jangan lupa menon-aktifkan Link to Previous dan uncheck Different First Page-nya.


Lalu dilanjutkan dengan Page Numbers _ Format Page Numbers dan pilih jenis penomoran yang diinginkan.

Simple and easy, tapi mungkin bagi yang belum biasa akan menjadi sulit. Hehehe... :)

Tidak ada komentar: