Rabu, 18 September 2013

Ladakh, Keindahan Alam yang Menakjubkan!

Ada beberapa tempat wisata yang menarik dan patut dikunjungi di India. Dari semua lokasi di India, tempat yang paling menarik dikunjungi salah satunya adalah Ladakh. Ladakh berada di bagian timur Jammu dan Kashmir, yang merupakan salah satu tempat tertinggi di muka bumi karena berada di pegunungan Himalaya. Penduduk di sana juga sedikit, maka tidak heran jika tempat ini sunyi.


Sayangnya tempat ini jarang sekali diekspos, padahal wilayah ini luar biasa indah dan sangat alami. Ladakh juga disebut Little Tibet, dikarenakan masyarakat yang hidup di sana lebih mirip orang Tibet daripada orang India. Ya tentu saja, karena Ladakh bertetanggaan dengan Tibet.

 
Ladakh adalah suatu wilayah yang memiliki padang pasir yang luas dan dihimpit gunung-gunung batu yang gelap. Mayoritas penduduk di sana merupakan penganut Buddhisme Tibet sedangkan sisanya adalah penganut Islam Syi'ah.

Ladakh juga menjadi tempat yang sakral dan suci. Dan karena letaknya berada di antara perbatasan India dan Tibet, wilayah ini masih disengketakan oleh China, oleh sebab itu di Ladakh banyak tentara yang berjaga. Namun keadaan di sana masih aman untuk wisatawan asing.


Sebelum nonton 3 Idiots yang terkenal itu, jujur gue belum tahu tentang wilayah ini. Tapi setelah melihat keindahannya di film 3 idiots pada akhir scene film itu, gue langsung terkesima melihat birunya air dan langit di sana. Dan ternyata lokasi ini juga pernah dijadikan syuting film Dil Se pada lagu Satrangi. Jika ingin melihat lebih jelasnya lagi wilayah ini, bisa juga dilihat clip Jiya Re dari film Jab Tak Hai Jaan. Atau pada awal scene Jab Tak Hai Jaan. Di film itu kelihatan jelas bagaimana indahnya lereng-lereng gunung, padang pasir dan birunya air.

Seperti yang digambarkan di clip itu sendiri, masyarakat di sana lebih mirip orang Tibet daripada orang India-nya sendiri. Pemandangan lereng-lereng gunung dan sungainya dengan air yang jernih sukses membuat gue berdecak kagum. Subhanallah!

Tidak ada komentar: