Minggu, 16 Desember 2012

Chak De Bollywood!





Hmmm... kenapa saya begitu tertarik sama Bollywood, mungkin jawabannya ada pada sisi romantis dan jalan cerita yang berbeda dari film-film buatan negara lain. Katakan saja Korea, ga bisa dipungkiri saya juga sempat terhipnotis oleh drama Korea dan beberapa lagunya (OST Drama). Itu terjadi karena Bollywood sempat redup di tanah air. Dan televisi swasta yang tampak enggan menayangkan film-film Bollywood berkualitas. Sebaliknya, drama Korea menjamur dimana-mana. 

Bollywood atau Korea mungkin hanyalah masalah selera ya. Kita tidak bisa memaksakan seseorang untuk menyukai film Bollywood ataupun drama Korea. Masing-masing punya daya tarik di mata penggemarnya. Namun di sini saya akan membahas mengapa saya begitu tertarik pada industri perfilman negeri sungai Gangga ini.

Saya menyukai film Bollywood sejak kelas lima SD. Awalnya saya suka komplain bila kakak saya sangat sedang nonton film India, pada masa itu blm Bollywood namanya. Saya terganggu dengan jalan ceritanya yang monoton, selalu menampakkan kasta antara orang kaya dan org miskin, kemudian perjodohan yang membudaya. Dimana di dalam filmnya begitu jelas jurang pemisah dan kebencian antara orang kaya dan miskin. 

Dan akhirnya datanglah film Bollywood pertama yang membuat dinding hati saya bergetar. Apa lagi kalau bukan Kuch Kuch Hota Hai (Terjadi Sesuatu). Padahal di film ini saya belum cukup dewasa untuk menontonnya, namun saya bisa mengerti dengan baik jalan ceritanya. Ya jalan ceritanya sangat berbeda di antara film Bollywood yang lain. Di situ lah saya mulai menyukai Shah Rukh Khan the King of Romance. 

Shah Rukh Khan dengan piawainya memerankan beragam karakter, seolah ia menjadi seseorang yang berbeda ketika memerankan tokoh. Semua karakter pun pernah ditaklukannya, mulai dari playboy tingkat akut, bapak-bapak kikuk, pria yang dewasa dan tegas, sosok kebapaan, penderita autis, penjahat yang mempesona, sampai pada peran kekanak-kanakan sekalipun.

He is amazing actor!

Romantisme yang ditawarkan sangat hidup dan berkesan di hati. Lawakannya pun begitu segar. Akting para aktor dan aktrisnya begitu natural meskipun terlihat sangat melodramatis. Ya film Bollywood yang melodramatis itu ternyata ada sejarah dari drama Persia yang sudah mengakar di India. Nyanyian dan tarian pun tidak bisa dihilangkan.

Seiiring berjalannya waktu perfilman Bollywood semakin modern dan ceritanya pun beragam. Lagu dan tariannya pun demikian, sangat memanjakan telinga, meskipun modern, namun tidak melupakan akar budayanya. 

Banyak sekali film Hollywood yang pernah saya tonton tetapi tidak ada satupun yang bisa memberikan kesan yang mendalam selain film Bollywood. Jika dibandingkan dengan romantisme ala drama Korea, semuanya sama, seperti menggendong pasangan di punggung, menyikat gigi bareng, memeluk kekasih dari belakang, naik sepeda, main ice skating bareng. Semuanya terlihat sama dari setiap drama Korea. (no offence!)

Inilah daftar film Bollywood yang menurut saya sangat menguras air mata,
 Kuch Kuch Hota Hai
Kabhi Khushi Kabhie Gham
Devdas
Kal Ho Naa Ho
 Veer Zaara
Rab Ne Bana Di Jodi
Guzaarish
Ghajini
Lucky
Taare Zameen Par
Lagaan
3 Idiots
Talaash

Masih banyak lagi sebenarnya, cuma saya lupa beberapa namanya, maklum saking banyaknya. hehehehe....
Biasanya kalau aktornya bukan Shah Rukh, Aamir, Salman Khan dan Hrithik Roshan, saya suka tidak begitu tertarik kecuali ada recomended dari teman-teman. ^^

Tidak ada komentar: